Minggu, 02 Oktober 2011

Leonard Norman Cohen


Salah satu tokoh musik dunia adalah Leonard Norman Cohen. Beliau lahir di Montreal, Quebec, Kanada, 21 September 1934. Dia adalah seorang penyair, novelis, dan penyanyi-pengarang lagu Kanada. Karier musiknya pada umumnya dibayang-bayangi oleh karyanya sebelumnya sebagai seorang penyair dan novelis, meskipun ia masih secara sporadis tetap menerbitkan puisinya setelah ia berhasil menembus industri musik.
Dari segi musik, lagu-lagu Cohen yang pertama didasarkan pada lagu rakyat, baik dari segi melodi maupun alat-alat musiknya, namun, sejak awal 1970-an, karyanya memperlihatkan pengaruh dari berbagai jenis musik pop dan musik kabaret. Sejak 1980-an ia biasanya menyanyi dengan suara bas yang mendalam, dengan synthesizer dan penyanyi latar perempuan.
Lagu-lagu Cohen seringkali berat secara emosi dan liriknya pun kompleks yang disebabkan oleh permainan kata puisi yang metaforis daripada aturan-aturan penulisan lagu yang lazim.
Cohen telah menjadi tokoh luar biasa di negeri kelahirannya; namanya dicatat dalam Canadian Music Hall of Fame (Tokoh Musik Kanada), Canadian Songwriters Hall of Fame (Tokoh Pengarang Lagu Kanada) dan pemerintah Kanada menganugerahinya Order of Canada, yaitu penghargaan tertinggi negara itu untuk seorang warga sipil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar